GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Menjelang Idul Fitri 1445 H,Sekda Sidoarjo Sidak Makanan dan Minuman

#sidoarjo
Foto saat sidak Mamin

Republiknews.com,Sidoarjo.
Dr. Fenny Apridawati, M.Kes,Sekretaris Daerah Kabupaten Sidoarjo melakukan inspeksi mendadak (sidak) terhadap makanan dan minuman. menyambut Hari Raya Idul Fitri.


Sidak pertama Sekda Sidoarjo yang baru saja dilantik beberapa waktu lalu ini dilakukan di salah satu swalayan di pusat kota.


Kegiatan sidak ini merupakan agenda rutin tahunan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo menjelang Hari Raya Idul Fitri.Selasa(26/Maret/2024).


Diperhatikan bahwa konsumsi masyarakat terhadap makanan dan minuman, khususnya menjelang hari raya, cenderung meningkat karena digunakan untuk persiapan lebaran.


Menurut Dr. Fenny, hasil sidak kali ini tidak menemukan adanya makanan dan minuman yang sudah tidak layak konsumsi. Meskipun demikian, terdapat beberapa kemasan yang sedikit rusak dan pada produk makanan beku tidak terdapat label tanggal kedaluwarsa.


Ia menjelaskan bahwa sidak terhadap makanan dan minuman tersebut dilakukan oleh tim dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. Lokasi inspeksi kali ini berada di swalayan di Ramayana Mall dan Lippo Plaza, mengingat banyaknya masyarakat yang berbelanja di sana menjelang lebaran.


“Dilakukannya sidak makanan dan minuman ini untuk memastikan produk yang dikonsumsi masyarakat  tidak terdapat produk yang sudah kadaluwarsa,” ungkapnya.


Selama sidak  ditemukan makanan dan minuman impor yang semuanya dalam kondisi aman. Produk impor tersebut telah dicek oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), dan memiliki kemasan yang baik, label tanggal kedaluwarsa yang jelas, serta informasi komposisi produk yang aman.


 Fenny  mengungkapkan, bahwa saat ini jumlah produk UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) di swalayan Sidoarjo masih terbilang sedikit. Hal ini menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, dan dalam sidak kali ini, pihak manajemen Ramayana dan Hypermart diminta untuk bisa menjalin  bekerja sama dengan UMKM.


"Mengenai  produk yang ditemukan kadaluarsa  segera dilakukan koordinasi  dengan BPOM untuk langkah selanjutnya,"tutupnya.


(AHF)

Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.