GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Kapolri Tinjau Terminal Purabaya Sidoarjo, Cek Kesiapan Angkutan Bus Mudik

#sidoarjo #kapolri
Foto : Kapolri melakukan peninjauan ke terminal purabaya

Republiknews.com,Sidoarjo - 
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau terminal Purabaya, Sidoarjo.Kapolri Jenderal Lisyto Sigit ingin memastikan kesiapan dan kesigapan bus mudik, hingga prasarana di lokasi.Kamis(4/April/2024).


"Kami melaksanakan peninjauan di Terminal Purabaya secara langsung untuk memastikan kesiapan bus, pengemudi, sarana dan prasarana, serta personel yang bertugas melayani pemudik pada Lebaran Idul Fitri Tahun 2024/1445 H," kata Kapolri.


Kapolri mengatakan Terminal Purabaya merupakan Terminal Induk yang menjadi salah satu sentral mobilitas pemudik. Terminal ini melayani pemudik yang datang dari luar Jawa Timur.


"Terminal ini melayani perjalanan Antar Kota Dalam maupun Antar Provinsi yang menghubungkan Pemudik yang datang dari luar Provinsi Jawa Timur seperti Merak, Denpasar, Jakarta, Tasikmalaya, Bandung, Indramayu, Cirebon, Kuningan, Cilacap, Magelang, Yogyakarta, Semarang, Wonogiri, dll. Untuk kemudian melanjutkan perjalanan ke Kab/Kota lain di wilayah Jawa Timur," ucapnya.


Jenderal Sigit melanjutkan bahwa berdasarkan survei Kemenhub, sebanyak 193,6 juta orang akan mudik tahun ini. Jawa Timur, katanya. Keberangkatan dan tujuan utama para pemudik.


"Terlebih lagi, Jawa Timur menjadi daerah keberangkatan dan tujuan utama bagi para pemudik, di mana 31,3 juta pemudik berasal dari Jawa Timur, 37,6 juta pemudik akan menuju ke Jawa Timur," katanya.


Lebih lanjut, Jenderal Sigit menyebut penyedia bus telah menyiapkan 1.000 bus tambahan di terminal ini. Bus ini bisa untuk mobilisasi bila diperlukan.


"Tentunya Polri bersama seluruh stakeholder, berkomitmen untuk selalu memberikan pelayanan terbaik demi mewujudkan mudik yang aman, nyaman, dan lancar bagi masyarakat yang melaksanakan mudik lebaran," sebutnya.


Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan,Selain 1 pos terpadu disiapkan pulang  di Terminal Purabaya dengan 74 personel gabungan disiagakan. Pos ini dilengkapi dengan fasilitas ruang istirahat, musala, pelayanan kesehatan, ruang bermain anak, dan ruang laktasi.


"Terkait dengan aspek keamanan maupun kenyamanan , Polri bersama Dishub telah menyiapkan pelayanan kesehatan bagi para pengemudi berupa tes urine untuk pengecekan narkoba, alkohol, dan pengecekan tensi darah. Melalui pemeriksaan tersebut, diharapkan masyarakat dapat merasa aman dan nyaman dalam menggunakan bus sebagai transportasi umum," tutupnya.


(AHF)

Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.