Pemdes Bumela Salurkan Dana BLT Tahap III Untuk 60 Warga -->

Pemdes Bumela Salurkan Dana BLT Tahap III Untuk 60 Warga

Jumat, 19 Juni 2020, Juni 19, 2020
(Kades Bumela Sudianto Usman S.IP)

Gorontalo, Republiknews.com
Pemerintah Desa Bumela kecamatan bilato Kabupaten gorontalo mulai menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari anggaran dana desa 2020 tahap III.

Agenda acara penyerahan bantuan BLT tahap III kepada 60 warga, Bertempat di aula kantor desa Bumela, Kamis (18/6/2020)

Pembagian BLT dari dana desa di berikan langsung oleh kepala desa Bumela Sudianto Usman S.IP dan dibantu perangkat desa lainya.

" Untuk desa Bumela sendiri, penyaluran dana BLT yang bersumber dari DD tersebut sudah di salurkan sudah tiga kali sampai dengan hari ini. tahap I, dan tahap II sudah di salurkan sekalian pada bulan mei lalu, dan ini sudah tahap terakhir, " ucap sudianto.

Lebih lanjut Sudianto menambahkan, bahwa Pemerintah melakukan penyederhanaan mekanisme  penyaluran Dana Desa untuk mempercepat BLT.

" Hal ini dengan di terbitkannya Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 50/PMK.07/2020 tentang Perubahan Kedua Atas 205/PMK.07/2019 tentang Pengelolaan Dana Desa, sehingga Perubahan peraturan ini ditujukan untuk mengatur penggunaan Dana Desa guna mendukung pencegahan dan penanganan pandemi Covid-19, " ungkapnya.

Saat di sentil kendala apa yang di hadapi di lapangan terkait penyaluran dana BLT dan program bantuan lain, ada hal unik di jelaskan Sudianto, dimana penyaluran dana BLT di hentikan saja. karena alasanya?

" Untuk bantuan BLT, warga mendapat bantuan sebesar 600.000 selama 3 bulan, sedangkan untuk PKH 300 .000 1 bulan. kalau di bandingkan dengan penyaluran bantuan PKH jangka panjangnya 5 tahun, sedangkan BLT dan BST penyaluran dananya hanya 3 bulan. jadi masyarakat kami lebih memilih PKH, dan menghimbau agar dana BLT di hentikan saja, " imbuhnya.

Akhir kata Sudianto berharap, agar bantuan dari pemerintah dapat membantu meringankan beban ekonomi masyarakat khususnya yang terdampak pandemi Covid-19.

" Saya mengimbau kepada warga yang mendapat bantuan, agar uangnya benar-benar dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari hari ," tandasnya. (OTN)

TerPopuler