GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Sigap Bencana , Antisipasi Siklon Tropis 94W Pemerintah Kota Bitung Gelar Apel Kesiaagaan


Republiknews Bitung . Pemerintah Kota Bitung menggelar apel kesiaagaan guna mengantisipasi dampak Siklon Tropis 94W , bertempat didepan Kantor Walikota Bitung Jl. Sam Ratulangi  Kota Bitung, Rabu (21/4/2021).


Apel Kesiapsiagaan Gelar Pasukan dan Peralatan menghadapi bencana dirangkaikan dengan Hari Kesiapsiagaan Bancana Nasional di Kota Bitung, 


Turut hadir dalam giat tersebut , Gabungan dari TNI, Polri, Satpol PP, Basarnas, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), PMI dan Pemadam Kebakaran serta Pemerintah Kota Bitung .


Giat tersebut dalam rangka antisipasi menghadapi ancaman siklon tropis 94W dan badai surigae yang dapat berakibat terjadinya bencana banjir, tanah longsor, gelombang pasang, angin puting beliung, pohon tumbang dan bencana non alam lainnya.


Sementara bertindak selaku Pembina Apel Walikota Bitung Ir. Maurits Mantiri, MM. dan pemimpin apel Danramil 1310/Bitung Lettu Inf Julen T. Kasiaheng, yang dihadiri kurang lebih 250 orang.


Dalam kesempatannya Walikota Bitung menjelaskan, bibit siklon tropis tersebut mempengaruhi wilayah bagian utara Indonesia, khususnya daerah timur seperti Sulawesi termasuk Gorontalo, kepulauan Maluku, Papua Barat, Papua serta beberapa daerah lainnya. 


"Hal ini menyebabkan terjadinya peningkatan potensi hujan lebat hingga sangat lebat disertai angin kencang dan gelombang tinggi," tandasnya usai apel gelar pasukan dan peralatan.


Maurits Mantiri menjelaskan, BNPB selaku sektor terdepan dalam penanganan bencana telah meminta pemerintah daerah melakukan kesiapan tanggap bencana. Meski demikian, Mantiri meminta masyarakat agar tidak panik dan tetap meningkatkan kewaspadaan" harapnya


Walikota juga menghimbau seluruh instansi terkait untuk  meningkatkan koordinasi dalam mengantisipasi berbagai dampak dari Siklon Tropis 94W ,karna "Koordinasi dan kesiapsiagaan antar instansi ini sangat penting sesuai dengan tugas pokok, fungsinya, dan kewenangan  masing-masing.


Dengan tujuan agar jika terjadi bencana bisa mengeliminiasi dampak yang mungkin timbul" Sosialisasi dan mengkondisikan masyarakat untuk menjauhi tempat tinggal maupun tempat-tempat yang berisiko tinggi terkena bencana," pungkas Walikota. (Suryo)

Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.