Iklan

Iklan

,

Iklan

iklan

Sedikit Menguat Tugas Babinsa TNI , Jangan Anggap Enteng Babinsa Itu ...,

Republiknews
Kamis, 27 Mei 2021, Mei 27, 2021 WIB Last Updated 2021-05-28T09:53:51Z


Republiknews, BITUNG - 

Babinsa, TNI yang di tugaskan langsung   berbaur dengan masyarakat atau  melaksanakan pembinaan teritorial (binter) di wilayah pedesaan/kelurahan dengan dampak keamanan Nasional.


Dengan pesatnya perkembangan jaman  tugas Babinsapun akan semakin penting.

Apalagi di era reformasi sekarang ini, kemampuan Babinsa sangat menentukan keberhasilan binter sehingga di dalam melaksanakan tugasnya Babinsa selalu berkoordinasi dengan aparat terkait di Desa/Kelurahan seperti tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda agar tidak terjadi kegagalan-kegagalan dalam melaksanakan tugasnya.


Sertu Juandri Lalao Anggota Babinsa misalnya ,Anggota Babinsa dari Koramil 1310-01/Bitung Kodim 1310/Bitung Korem 131/Stg Kodam XIII/Mdk, yang kesehariannya ditugaskan sebagai Babinsa Kelurahan Girian Weru Satu Kec. Girian, Kota Bitung Prov. Sulawesi Utara.


Dalam tugasnya banyak dihadapkan dengan berbagi masalah  sosial ( masyarakat ) yang bermacam-macam  dengan itu Sertu Juandri Lalao bisa bersikap seperti Bapak di tempat tugasya.


Untuk menangani atau menghadap masyarakat yang berbeda - beda karakter dan tingkat sosial,  seorang Babinsa bukanlah anggota TNI yang sembarangan banyak pembekalan dan keahlian khusus tentunya.


Seperti  Sertu Juandri Lalao selain memiliki kemampuan jago tembak, bela diri militer, serta menyandang sabuk hitam Dan 1 Karate, Babinsa Sertu Juandri, juga dibekali pendidikan khusus bidang teritorial, maupun penataran-penataran dan lain sebagainya. Agar mereka dapat melaksanakan tugas kegiatan binter di wilayah tanggung jawabnya dengan baik.


Namun semua itu bukan untuk hal  sewenang-wenang ,seperti yang di ungkapkan Sertu Juandri ,"Di zaman sekarang, masih banyak masyarakat yang takut dengan Babinsa. Dalam pandangan mereka, Babinsa sebagai sosok yang menakutkan. Padahal sebenarnya, memiliki fungsi lain sebagai pelindung masyarakat," sambil berkelakar penuh akrab.


Senada dengan Dandim 1310/Bitung Letkol Inf Benny Lesmana, S.Sos,menjelaskan bahwa Babinsa merupakan anggota TNI yang memiliki tugas menjaga pertahanan dan keamanan nasional. 


"Babinsa tinggal di tengah-tengah warga dan harus dekat dengan seluruh warga. Sehingga apabila ada kejadian bencana alam, atau kejadian lain di wilayah binaan, warga dapat segera melaporkannya pada Babinsa," ujarnya menjelaskan.


Lanjutnya, Babinsa merupakan orang pertama dari barisan TNI yang langsung turun ke tempat kejadian, seperti saat ada bencana banjir, tanah longsor, gempa bumi, penanganan penyebaran virus corona (covid-19), penyelundupan, transaksi gelap atau kedatangan kapal asing di perairan Insonesia yang bisa mengancam keamanan.


"Babinsa bertanggung jawab atas pelaporan dan pengawasan kondisi geografi, demografi, kondisi sosial masyarakat yang berdampak pada pertahanan keamanan nasional," kata Dandim.( Suryo)

Iklan

iklan