Iklan

Iklan

,

Iklan

iklan

Hi.Budi Utomo.SE.MM Hadiri Kegiatan Art Festival ke-4 & cangget bara festival ke-2 tahun 2021

Republiknews
Rabu, 29 September 2021, September 29, 2021 WIB Last Updated 2021-09-29T17:46:58Z

 


Lampung Utara -Republik News

Bupati Lampung Utara Hi Budi Utomo.SE.MM beserta jajarabmnya menghadiri Kegiatan Kotabumi art Festival ke-4 & cangget Bara festival ke-2 tahun 2021 menampilkan berbagai macam Tarian dan seni budaya Indonesia dari berbagai macam daerah diindonesia.khusus nya cangget lampung adalah seni budaya lampung yang terus dilestarikan sampai sekarang.


Dalam kegiatan Tersebut dihadiri bupati Lampung utara Hi.Budi Utomo,SE.MM kadis Pendidikan & kebudayaan (Disdikbud) Drs. Mat.soleh.M.Pd.forkopimda.Para Kabag.Kabid dan jajaran Staf Disdikbud  lampura.juga hadir tokoh adat lampung utara, tokoh pemuda lampung utara,dan tamu undangan.


Cangget lampung adalah salah satu seni budaya lampung, yang menampilkan tarian,nyanyian dan musik khas lampung yang diselenggarakan dalam acara besar,Bagi orang lampung, cangget adalah jati diri sebuah identitas yang melekat di diri, dapat dikatakan cangget adalah seni pertunjukan pada masyarakat lampung tidak terlepas dengan peristiwa adat yang mengiringnya, dapat dikatakan sebagai peristiwa adat itu sendiri (begawi)


Dapat diartikan bersamaan dengan perkawinan maka beralih lah kedudukan kedua pengantin dengan cakak pepadun (mupadun) yakni naik tahta adat, seni tersebut dipakai guna menemukan pola-pola persamaan dan perbedaan kebudayaan nusantara yang bhinneka.


Kotabumi art festival diselenggarakan distadion sukung kotabumi kabupaten lampung utara,rabu (29/09/2021) 20:00 wib


"Bupati lampung utara Budi Utomo mengatakan,dalam menjaga dan melestarikan adat istiadat dan seni budaya lampung dan Indonesia,kita harus terus melestarikan tradisi agar tidak tergeser jaman, saya sangat mendukung dan mengapresiasi art festival seperti ini, untuk penerus bangsa terus lestarikan adat istiadat dan terus lah berkarya untuk memajukan bangsa.


Kadis Pendidikan & kebudayaan kabupaten lampung utara Mat soleh yang di wakili nanik rahayu kabid kesenian dan kebudayaan (disdikbud) mengatakan,dalam rangka menjaga dan melestarikan budaya agar penerus bangsa dapat terus berkarya dan melestarikan tradisi budaya yang ada Dikabupaten lampung utara hingga tingkat nasional. ( Des)

Iklan

iklan