Iklan

Iklan

,

Iklan

Jelang FPSL 2022 Limbah Oli Mengambang di Pantai Candi Bitung

Republiknews
Minggu, 18 September 2022, September 18, 2022 WIB Last Updated 2022-09-18T13:07:42Z


Republiknews, Bitung- Tumpahan limbah Oli mengambang di pantai Candi, Kelurahan Bitung Barat Satu, Kec Maesa, Kota Bitung. Minggu ( 18/09/2022)


Pantai yang setiap hari  dipakai warga  untuk mencari ikan  dan setiap akhir pekan dipakai untuk mandi anak-anak warga sekitar dipenuhi limbah Oli di sepanjang pantai. 


 Sayangnya kejadian ini menjelang kegiatan akbar Kota Bitung, yaitu Festival Pesona Selat Lembeh (FPSL) pada tanggal 6-10 bulan depan, dimana seharusnya keindahan dan kebersihan Selat Lembeh terjaga dengan apik .


Hal ini tentu juga sangat mempengaruhi warga sekitar yang 90 % bekerja sebagai nelayan.


Menurut ketua Kelompok Nelayan Candi dan juga ketua Perkumpulan Candi Perjuangan, Bapak Marlon menuturkan,


" kejadian limbah di pantai candi sering kali terjadi, saat ini limbah Oli, sebelumnya sekitar satu Minggu lalu mungkin limbah minyak sawit, tentu sangat mempengaruhi aktifitas kami sebagai nelayan, 


" Kami tidak biasa mancing mencari ikan,karna senar jadi licin dan tentunya ikan juga pada menjauh"  keluhnya.


Pak Marlon juga menambahkan, " kami menyayangkan pihak yang terkait, saat ada kejadian cuma datang dan tanya - tanya seterusnya tidak ada tindakan, gak tau apa yang dilakukan" ungkapnya.


Dikawatirkan juga, limbah Oli yang mengambang di sepanjang pantai Candi tersebut juga mempengaruhi kelangsungan hidup biota laut di Selat Lembeh, yang tentunya menjadi kebanggaan Kota Bitung. ( Suryo)

Adv 1

 


Adv ll


 

Adv lll