GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

PENTINGNYA OLAHRAGA BAGI TUBUH DAN KESEHATAN

Maria Isnayuk Ngaum, Mahasiswi Prodi Keperawatan Unika St. Paulus Ruteng

Manggarai,Republiknews.com
-Olahraga merupakan suatu gerakan oleh tubuh yang memberikan efek pada tubuh secara keseluruhan.olahraga membantu merangsang otot otot dan bagian tubuh lainya untuk bergerak.


Dengan berolahraga,tidak hanya otot otot yang terlatih,sirkulasi darah dan oksigen dalam tubuh pun menjadi lancar sehingga metabolisme tubuh menjadi optimal.Tubuh akan terasa segar dan otak sebagai pusat saraf akan bekerja lebih baik.


Sebagia besar orang mungkin mengangap bahwa olahraga hanya melelahakan,walaupun melelahkan tetapi itu sangat penting untuk daya tahan tubuh.


Tubuh kita akan semakin sehat jika digunakan untuk bergerak dan beraktivitas selama tidak berlebihan.salah satu cara untuk mencapai kesehatan yang optimal yaitu dengan berolahraga teratur dan makan makanan yang sehat dan bergizi.ada banyak olahraga yang bisa kita lakukan,sepertiberenang,berlari,menari,senam.beberapa manfaat olahraga dengan teratur antaranya:

Membantu dan mempertahankan otot dan tulang

Menguragi resiko penyakit keronis 

Meningkatkan energi,baik untuk orang yang sehat atau mereka yang menderita berbagai kondisi medis 

Meningkatkan metabolisme tubuh

Membakar lemak

Mengurangi stress

Olahraga merupakan obat ajaib yang bisa anda dapatkan dengan mudah tanpa biaya mahal,namun sering kali terabaikan sehinga menimbulkan beragam keluhan kesehatan.Meskipun begitu,tidak ada kata terlambat untuk mulai berolahraga.berapapun usia anda,bukti ilmiah membuktikan bahwa aktivitas fisik dapat membuat anda memiliki tubuh yang lebih sehat dan bahagia.penelitian membuktikan bahwa gaya hidup yang tidak efektif lebih berbahaya bagi kesehatan daripada obesitas.


BERAGAM MANFAAT OLAHRAGA BAGI TUBUH,DIANTARANYA ADALAH:

Mencegah penyakit jantung dan stroke

Olahraga rutin setiap hari dapat mencegah penyakit jantung dan stroke,seabab olahraga akan memperkuat otot jantung,menurunkan tekanan darah,meningkatkan tinkat kolesterol baik high densityliporprotein(HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat low density lipoprotein (LDL),serta meningkatkan kemampuan jantung dalam mengalirkan darah.


Mengendalikan diabetes

Olahraga dapat membantu menguragi lemak tubuh,sehingga dapat mencegah sekaligus mengendalikan diabetes tipe 2.


Menurunkan tekanan darah tinggi

Dengan berkuranya lemak dalam tubuh, terjadi juga penurunana tekanan darah pada penderita hipertensi.


Mencegah nyeri punggung

Peningkatan kekuatan dan ketahanan otot serta fleksibilitas tubuh yang didapat dari olahraga rutin dapat membantu mencegah nyeri punggung.


Menangkal obesitas 

Aktivitas fisik teratur dapat menguragi lemak tubuh serta membangun masah otot dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Menunda keterbatasan fisik saat saat usian tua

Olahraga,seperti lari atau latihan aerobik lainya,terbukti dapat menunda terjadinya keterbatasan fisik pada orang lanjut usua.

Meningkatkan kualitas hidup

Manfaat olahraga tidak hanya untuk meningkatkan kesehatan fisik,namun juga untuk meningkatkan kualitas hidup.



PENDAPAT

Menurut pendapat dan pandangan saya olahraga sangat penting untuk  kesehatan tubuh,Karena dapat menguragi resiko penyakit kronis,menguragi stress,menguragi penumpukan lemak dalam tubuh , dan juga membuat tubuh lebih terasa segar dan ringan dalam melakukan aktifitas apapun.

SARAN

Harus membiaskan dirih untuk berolahraga dan lakukan secara perlahan atau bertahap.misalnya,dipagi hari sebelum beraktivitas, anda bisa jalan santai dan lari lari kecil disekitar lingkungan rumah anda sejauh 250 M.Secara bertahap.Jarak tempuh bisah ditimgkatkan sesuai kemamapuan.Sehinga tubuh kita terbiasa dengan olahraga.


Penulis :  Maria  Isnayuk Ngaum

Mahasiswi Prodi keperawatan Unika St.  Paulus Ruteng

Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.