GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Masyarakat Berbondong Urus SIM di Satpas Polres Gresik

#gresik #polres gresik #news

GRESIK, Republiknews.com
- Usai libur nasional dan cuti bersama pasca Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah, hari pertama pelayan Satpas (Satuan Penyelenggara  Administrasi  SIM di Polres Gresik, Jawa Timur, kembali di buka, pada Selasa, 16 April 2024.


Terpantau sejak pagi pemohon  SIM membludak. Diantaranya ada yang melakukan perpanjangan dan permohonan pembuatan baru untuk SIM yang didampingi pengantar sehingga terlihat pemohon memadati ruang tunggu beruntung petugas satpas bisa mengendalikan situasi supaya kondusif dan tertib dengan himbauan dari Baur SIM.


Meskipun hari ini secara nasional masih terhitung tak wajib masuk kerja, petugas satpas bisa mengantisipasi lonjakan pemohon SIM yang dispensasi akibat libur cuti bersama terhitung sejak tanggal 8 -15 April 2024, petugas tetap melayani dengan humanis.


Dikatakan Baur SIM Aipda Mardianto, hari ini terjadi peningkatan pemohon SIM usai libur panjang. “Kalau biasanya sekitar 100 sampai 150 pemohon di hari pertama setelah lebaran ini,  pemohon tembus sampai 350  orang,” jelas Aipda Mardianto, di Kantor Pelayanan SIM di Gresik, Jawa Timur pada Selasa (16/4).


Dengan kondisi pemohon yang membeludak, tambah Aipda Mardiamto, personel masih sanggup melayani dengan professional dan tidak melakukan penambahan personel tugas di ruang pelayanan SIM.


“Jadi masih cukup, tidak perlu ditambah personel. Ini masih libur lebaran tapi petugas untuk pelayanan sudah mulai. Kami tetap membuka pelayanan mulai hari ini sehingga tadi ada peningkatan jumlah pemohon,” ucap Mardianto.


Ia melanjutkan, pantauan sejak pagi tadi pukul 08.00 WIB, warga sudah berjubel mengantre untuk mendapatkan layanan pembuatan maupun perpanjangan SIM.


“Tadi pagi dibuka 08.00 WIB,  begitu ruangan pelayanan dibuka langsung diserbu,” jelasnya.


Adapun untuk syarat pembuatan SIM tidak ada perubahan baik untuk perpanjangan maupun buat baru. 


“Untuk membuat SIM baru, pemohon harus melakukan psikotes dan cek kesehatan. Kemudian membawa berkas ke pendaftaran dengan melampirkan berkas dan foto kopi KTP," urainya.


Dari pagi sampai siang ini, warga masih melakukan antrean. Rata-rata memperpanjang SIM.


Jumlah pemohon baru sekitar 62 pemohon, yang perpanjangan sekitar 312 yang masuk sampai penutupan pendaftaran pukul 12.00 WIB

 

Ia membeberkan, terjadi penambahan atau peningkatan di hari pertama pasca libur Lebaran Idul Fitri dikarenakan SIM untuk masa berlaku yang sudah habis di hari tersebut, masyarakat diberi kesempatan melakukan perpanjangan saat ini.


Artinya bagi pemegang SIM pada masa berlakunya sudah habis di tanggal 8 sampai 15 April 2024, memiliki kesempatan mengurus di hari pertama masuk kerja pasca libur lebaran dan perpanjangan atau tenggang waktu sampai 16 April hingga 20 April 2024 mendatang.


“Bagi pemegang SIM yang habis masanya di tanggal 8-15 April 2024 dan tidak melakukan perpanjangan di tanggal 16-20 April, maka mekanismenya harus melakukan penerbitan SIM baru,” tegasnya.


Hal tersebut sesuai telegram yang dikeluarkan Kapolri pada 1 April 2024 Nomor ST/625/IV/YAN.1.1/2024.

Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.